Cara menentukan jumlah, rata-rata, keterangan, nilai tertinggi & nilai terendah pada Microsoft Office Excel

On Minggu, 28 Februari 2016 0 komentar

UJIAN PRAKTiK TIK Ku


KETERANGAN :
Rumus awal
*  Jumlah => {{  =SUM(RANGE)  }}
*  Rata-rata => {{  =AVERAGE(RANGE)  }}
*  Keterangan => {{  =IF(CELL RATA-RATA <= NILAI RATA-RATA;”TIDAK LULUS”;”LULUS”)  }}
*  Nilai tertinggi => {{  =MAX(RANGE)  }}
*  Nilai terendah => {{  =MIN(RANGE)  }}

Keterangan pada gambar:
Ø  Cara menentukan nilai jumlah pada Microsoft Office Excel, pertama-tama kita klik cell yang ingin kita tentukan atau menulisnya pada Name box, kemudian kita tinggal mengetik rumus pada formula bar atau cell G40, dengan menggunakan rumus {{  =SUM(C40:F40)  }}.
Ø  Bila kita ingin menentukan nilai jumlah yang lain, kita tinggal mencopy dari nilai jumlah yang sudah ada dengan cara kita seret garis nilai yang sudah ada.
Ø  Cara menentukan nilai rata-rata pada Microsoft Office Exel, pertama-tama kita klik cell yang ingin kita tentukan atau menulisnya pada Name box, kemudian kita tinggal mengetik rumus pada formula bar atau cell H40, dengan menggunakan rumus {{  =AVERAGE(C40:F40)  }}.
Ø   Bila kita ingin menentukan nilai rata-rata yang lain, kita tinggal mencopy dari nilai rata-rata yang sudah ada dengan cara kita seret garis nilai yang sudah ada.
Ø  Cara menentukan keterangan pada Microsoft Office Exel, pertama-tama kita klik cell yang ingin kita tentukan atau menulisnya pada Name box, kemudian kita tinggal mengetik rumus pada formula bar atau cell I40, dengan menggunakan rumus {{  =IF(H40<=86,25;”TIDAK LULUS”;”LULUS”)  }}.
Ø  Bila kita ingin menentukan keterangan yang lain, kita tinggal mencopy dari keterangan yang sudah ada dengan cara kita seret garis nilai yang sudah ada.
Ø  Cara menentukan nilai tertinggi pada Microsoft Office Exel, pertama-tama kita klik cell yang ingin kita tentukan atau menulisnya pada Name box, kemudian kita tinggal mengetik rumus pada formula bar atau cell C50, dengan menggunakan rumus {{  =MAX(C40:C49)  }}
Ø  Bila kita ingin menentukan nilai tertinggi yang lain, kita tinggal mencopy dari nilai tertinggi  yang sudah ada dengan cara kita seret garis nilai tertinggi yang sudah ada.
Ø  Cara menentukan nilai terendah pada Microsoft Office Exel, pertama-tama kita klik cell yang ingin kita tentukan atau menulisnya pada Name box, kemudian kita tinggal mengetik rumus pada formula bar atau cell C51, dengan menggunakan rumus {{  =MIN(C40:C49)  }}
Ø  Bila kita ingin menentukan nilai tertinggi yang lain, kita tinggal mencopy dari nilai tertinggi  yang sudah ada dengan cara kita seret garis nilai tertinggi yang sudah ada.

~SEMOGA BERMANFAAT~













0 komentar:

Posting Komentar